Thursday, December 15, 2005

Install Win XP dari Win98

1. Tahapan pertama adalah mengintall Windows 98SE dan memasukan driver standard yang dibutuhkan. Sebaiknya mengunakan clean install dan mengunakan sistem full install dari WinXP tanpa melakukan pilihan Upgrade. Tujuannya, adalah memberikan sistem OS yang bersih dengan tidak melakukan upgrade. Pada install Win XP digunakan FAT 32 dan bukan NTFS untuk format partisi harddisk.

2.Bila anda melakukan cara diatas, maka sewaktu menginstall, anda hanya memerlukan sebuah CD WinXP dan menginstall OS baru. Ingat, tidak mengunakan partisi terpisah dan tidak melalukan upgrade. Cukup memilih install baru untuk Win XP.

3. Mengunakan sebuah partisi Primary dengan OS Win98 pada drive C dan tidak membuka partisi lain seperti Extended partisi pada D E dan lainnya. Bila anda menjalankan sistem ini dan melakukan Full install untuk WinXP untuk OS baru anda, Sebaiknya mengetahui bahwa drive yang anda install untuk OS terbaru tersebut memang benar ditujukan pada drive yang anda inginkan. Untuk upgrade, bila dilakukan dari Win98 menjadi WinXP dengan sebuah partisi, dipastikan hanya drive C saja WinXP akan terinstall, bila salah kemungkinan WinXP akan mencari drive lain seperti D dan E.

4. Pada test dilakukan dengan :

  • Asus P4B533-E
  • Intel P4 1.8A @ 2.4Ghz
  • 1GB DDR PC3200 (512MB X 2)
  • Seagate 40GB dengan 1 partisi 2GB untuk Win 98 dan diinstall menjadi Win XP.

Tidak mengunakan Extended partisi dan sisa 38 GB dibiarkan kosong untuk sementara. Harddisk lain yang digunakan adalah Quantum 20 GB yang berisikan driver sound card dan Intel IAA driver. Anda dapat mengunakan CD drive untuk menginstall driver ini.

5. Untuk tahap akhir persiapan, persiapkan juga CD driver atau data yang akan anda install pada WinXP sebelum dilakukan install service pack 1.

6. Mencari CD key untuk Windows XP. download program ini untuk membuat key gen terbaru dan catat, karena dibutuhkan sewaktu pertama kali menginstall WinXP. Pada test, digunakan serial number (versi Copy) biasa dan bisa melakukan install WinXP tetapi tidak dapat melakukan install Service pack 1l,

7. Masukan CD key Win XP setelah anda melakukan install Clean Win98 SE. Anda dapat mendownload dari Tweaking Town untuk update serial number WinXP. Ingat untuk mencatat tidak 1 buah Key untuk WinXP, kemungkinan besar anda akan salah mencatat, sebaiknya mencoba memiliki 2 atau 3 key sebagai backup

8. Sewaktu menginstall, jangan memilih tanpa update via internet.

9. Selesaikan menginstall WinXP

10 Setelah selesai coba anda memeriksa pada control panel dan System untuk memastikan bahwa perbedaan pada install program sebelum dan sesudah diupgrade dengan versi Service Pack. Pada gambar bawah adalah informasi dari WinXP sebelum di install dengan Service Pack 1 :


11. Bila anda sudah memastikan WinXP anda sudah berjalan dengan baik, coba install dengan WinXP Service Pack 1. Akan ditanyakan untuk uninstall WinXP SP1, Pada test, dipilih option untuk tidak meng-uninstall versi Service pack untuk menghemat space harddisk


12. Selanjutnya program Service Pack 1 akan menginstall ke harddisk anda :


13. Bila sudah benarInstall seperti biasa anda dapat melakukan boot untuk OS dengan WinXP1


14 Bila anda telah berhasil coba cek kembali ke Control Panel dan System, apakah OS tersebut sudah terinstall. Dan bila benar anda telah mengunakan OS Win XP dengan perbaikan dari SP1.


Untuk artikel ini hanya dimaksudkan bagi pendidikan saja (Education Purpose). Cara diatas hanyalah ilustrasi yang berhasil dijalankan untuk upgrade WinXP dengan patch program Service Pack 1. Anda dapat mencoba dengan cara lain baik pada pembagian partisi atau dual boot bila diperlukan.

No comments: