Monday, January 5, 2009

RPP TIK Kelas IX Mts Darunnajah Ulujami Jakarta

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SMP/ MTs

:

MTs Darunnajah Ulujami Jakarta

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet.

Alokasi Waktu

:

1 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

· Menjelaskan pengertian internet dan Intranet

· Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet

· Menjelaskan perbedaan internet dan intranet

B. MATERI PEMBELAJARAN

· Pengertian internet dan Intranet

· Kegunaan internet dan Intranet

· Perbedaan internet dan intranet

C. METODE PEMBELAJARAN

· Studi Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab

· Pendekatan Model CTL

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang kegunaan komputer

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet/intranet.

· Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.

E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN

Buku paket dan media informasi lain.

F. PENILAIAN

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Skor Max

· Menjelaskan pengertian internet

· Menyebutkan kegunaan internet

· Menjelaskan pengertian intranet

· Menyebutkan kegunaan intranet

Tes tertulis

Uraian

1. Apa yang dimaksud dengan internet!

2. Sebutkan 2 kegunaan internet!

3. Apa yang dimaksud dengan intranet!

4. Sebutkan 2 kegunaan intranet!

5. Jelaskan 2 perbedaan dari internet dan intranet

20

20

20

20

20

Mengetahui :

Kepala Sekolah MTs Darunnajah Guru Mata Pelajaran

______________________________ _____________________________

NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SMP/ MTs

:

MTs Darunnajah Ulujami Jakarta

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan

internet/intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

B. MATERI PEMBELAJARAN

  • Dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Dasar-dasar sistem jaringan intranet

C. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama (1 x 40 menit) :

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

Pertemuan kedua (1 x 40 menit) :

1. Ulangan harian

E. SUMBER PEMBELAJARAN

Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.

F. PENILAIAN

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Skor Max

· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet

· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

Tes tertulis

Uraian

1. Gambarkan bagan jaringan internet!

2. Gambarkan bagan jaringan intranet!

3. Disekolah kita menggunakan jaringan internet jenis apa?

4. Jelaskan alasan penggunaan jaringan internet tersebut.

20

20

20

20

Mengetahui :

Kepala Sekolah MTs Darunnajah Guru Mata Pelajaran

______________________________ _____________________________

NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SMP/ MTs

:

MTs Darunnajah Ulujami Jakarta

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1 . Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.

Kompetensi Dasar

:

1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.

Alokasi Waktu

:

3 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
  • Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

B. MATERI PEMBELAJARAN

  • Ukuran kecepatan akses internet

C. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama (1 x 40 menit) :

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan.

· Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.

Pertemuan kedua (1 x 40 menit) :

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.

3. Kegiatan Penutup

· Menarik kesimpulan.

Pertemuan ketiga (1 x 40 menit) :

· Ulangan harian

E. SUMBER PEMBELAJARAN

Buku paket dan media informasi lain.

F. PENILAIAN

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Skor Max

· Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet.

· .

Tes Tertulis, Portofolio, Unjuk Kerja

Uraian

1. Sebutkan ukuran kecepatan akses internet!

2. Membuat kliping tentang informasi ukuran kecepatan akses internet!

25

75

Mengetahui :

Kepala Sekolah MTs Darunnajah Guru Mata Pelajaran

______________________________ _____________________________

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SMP/ MTs

:

MTs Darunnajah Ulujami Jakarta

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (Satu)

Standar Kompetensi

:

1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet

Alokasi Waktu

:

3 x 40 menit

B. A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  • Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet

C. B. MATERI PEMBELAJARAN

Akses internet

· Persyaratan perangkat keras internet

· Persyaratan perangkat keras intranet

C. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama ( 1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

o Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet

o Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik membentuk kelompok diskusi

· Mengidentifikasi perangkat keras internet

· Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet

· Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup

· Mempresentasikan hasil kerja kelompok

· Menarik kesimpulan

Pertemuan kedua (1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik membentuk kelompok diskusi

· Mengidentifikasi perangkat keras intranet

· Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet

· Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup

· Mempresentasikan hasil kerja kelaompok

· Menarik kesimpulan

Pertemuan ketiga ( 1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik membentuk kelompok diskusi

· Mengidentifikasi perangkat keras internet

· Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet

· Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup

· Mempresentasikan hasil kerja kelompok

· Menarik kesimpulan

E. SUMBER PEMBELAJARAN

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.

F. PENILAIAN

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Skor Max

1. Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet/intranet

2. Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet/intranet

3. Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet/intranet

Tes tulis, Portopolio dan unjuk kerja

Tes identifikasi

1. Tuliskan perangkat keras yang diperlukan untuk internet dan intranet

2. Tuliskan persyaratan dari masing-masing perangkat internet dan intranet

3. Jelaskan fungsi dari masing-masing perangkat internet dan intranet

25

25

50

Mengetahui :

Kepala Sekolah MTs Darunnajah Guru Mata Pelajaran

______________________________ _____________________________

NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SMP/ MTs

:

MTs Darunnajah Ulujami Jakarta

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/ Semester

:

IX (sembilan)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

2. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet

Alokasi Waktu

:

4 x 40 menit

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan cara-cara sambungan internet
  • Menunjukkan cara penyambungan internet/intranet
  • Memilih fungsi layanan yang paling efektif di internet/intranet
  • Menggunakan sambungan internet melalui Dial-up(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2Mbps) atau Satelit)

C. MATERI PEMBELAJARAN

Akses internet

· Perangkat untuk mengakses internet

· Menghubungkan internet dengan menggunakan Dial-up

A. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab

Pendekatan Model CTL dan life skill

B. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama ( 1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik membentuk kelompok diskusi

· Mengamati tata cara penyambungan internet

· Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang penyambungan internet

· Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)

· Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup

· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua ( 1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik membentuk kelompok diskusi

· Mengamati tata cara penyambungan internet

· Mengamati perbedaan tata cara penyambungan internet

· Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)

· Mengerjakan lembar kerja

3. Kegiatan Penutup

· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan ketiga ( 1 x 40 menit)

1. Kegiatan Pendahuluan

· Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

· Peserta didik melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up

3. Kegiatan Penutup

· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan keempat (1 x 40 menit)

Tes ujuk kerja perorangan

E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah, Buletin Internet, dsb.)

F. PENILAIAN

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Skor Max

· Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet

· Mengidentifikasi tata cara penyambungan internet/intranet

· Membedakan sambungan internet /intranet

· Melakukan sambungan Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).

· Tes tertulis

· Observasi dan

· Unjuk kerja

· Uraian

· Lembar observasi

(terlampir)

· Uji prosedur

(terlampir)

1. Sebutkan 4 saluran komunikasi yang digunakan pada internet

2. Jelaskan tata cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up

3. Jelaskan perbedaan cara menghubungkan sambungan internet/intranet

4. Tunjukkan cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit

5. Tunjukanlah perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit

6. Menghubungkan internet menggunakan Dial-up

20

30

30

Nilai 1

Lembar Observasi

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai 2 [(Jumlah/8)*10]

4

3

2

1

1

Menunjukkan cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit

2

Tunjukanlah perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit

Jumlah

Rubrik Uji Prosedur

Instrumen

Skala Kuantitatif

Nilai 3

[(Jumlah/4)* 10]

4

3

2

1

1

Menghubungkan internet menggunakan Dial-up

Jumlah

Keterangan :

Penilaian

Nilai KD = ( Nilai 1 + Nilai 2 + Nilai 3)/2

Mengetahui :

Kepala Sekolah MTs Darunnajah Guru Mata Pelajaran

______________________________ _____________________________

NIP. NIP.

No comments: